Pelihara Sikap Toleransi, Korem 082/CPYJ Gelar Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

Pelihara Sikap Toleransi, Korem 082/CPYJ Gelar Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

KOTA MOJOKERTO - Guna memperkokoh dan memperarat silaturahmi serta meningkatkan toleransi antar umat beragama, Korem 082/CPYJ menggelar Pembinaan Kerukunan Umat Beragama, bertempat di Pendopo Griya Paramitra Cikaran Kota Mojokerto, Jumat (08/10/2021).

Pembinaan Kerukunan Umat Beragama dengan mengangkat tema " Mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif Melalui Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa"  yang diikuti para Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)  yaitu Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat Se jajaran Korem 082/CPYJ.

Komandan Korem 082/ CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto menyampaikan dalam amanat tertulisnya, tujuan dari kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama ini untuk lebih mempererat tali silaturahmi dan hubungan sosial antar umat beragama khususnya yang berada di wilayah kerja Korem 082/CPYJ sehingga tercipta kehidupan yang damai antar umat beragama.   

Pengertian kerukunan umat beragama identik dengan  istilah toleransi yang mengandung arti saling yaitu saling mengerti, saling memahami dan saling membuka diri dalam bingkai kebersamaan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan antar umat beragama.

"Apabila pemaknaan ini dijadikan pegangan maka toleransi dan kerukunan antar umat beragama akan terwujud dan ini merupakan sesuatu yang didambakan oleh masyarakat.  

Dalam konteks ke-Indonesiaan kerukunan umat beragama berarti kebersamaan antara umat beragama dengan pemerintah dalam rangka  mewujudkan suksesnya pembangunan nasional serta menjaga keutuhan NKRI, " jelasnya.

Danrem juga berharap kepada semua komponen bangsa agar dapat berperan aktif dalam membina kerukunan umat beragama di masyarakat dan peka terhadap situasi yang sedang berkembang saat ini,  diharapkan para Tokoh Agama dapat menjadi pilar pemersatu bangsa dan agama sekaligus dapat memberikan kedamaian bagi pemeluk agamanya masing-masing sesuai yang termaktub pada UUD 1945 Pasal 29 ayat 1 menyatakan " Negara berdasarka atas Ketuhanan Yang Maha Esa" dan ayat 2 menyatakan " Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu".

Dalam kegiatan Pembinaan Umat Beragama ini diisi dengan penyampaian materi terkait kerukunan umat beragama yang dihadiri FKUB Se jajaran Korem 082/CPYJ sebanyak 50 orang.(Penrem 082/CPYJ)

KOTA MOJOKERTO
Achmad Sarjono

Achmad Sarjono

Previous Article

Siswa Amanatul Ummah Raih Juara Tiga Lomba...

Next Article

Safari Jumat, Wakapolresta Mojokerto Himbau...

Related Posts

Peringkat

Profle

Afrizal verified

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 248

Postingan Tahun ini: 2842

Registered: Sep 25, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 217

Postingan Tahun ini: 2407

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 172

Postingan Tahun ini: 2398

Registered: Sep 22, 2020

Pardal Riyanto

Pardal Riyanto

Postingan Bulan ini: 103

Postingan Tahun ini: 539

Registered: May 7, 2021

Profle

Munafir Tumpinyo

Publik Kecewa, Kerinci Kembali Urutan Buncit MTQ Tingkat Provinsi
Kejaksaan Agung Perintahkan Kajati sumbar dan Kajari Pessel Segera Eksekusi Bupati Pessel
Satpol PP Batang Tak Berkutik Hadapi Galian C Ilegal
Riuh Dibicarakan Masyarakat, Ijazah Paket Balon Pilkades Diduga Palsu

Follow Us

Recommended Posts

Korem 084/Bhaskara Jaya Gelar Olahraga Bersama Kasad
Kedapatan Miliki Ganja, Warga Pulau Kangean Diamankan Polisi
Kodim 0826 Pamekasan Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1413 H
Tony Rosyid: Setiap Pemimpin Diukur dari Janjinya
Bupati Hendy Berharap APKASI Otonomi Expo 2021 Bangkitkan Perekonomian Kabupaten Jember